post-image

Hadapi Pemilukada 2024, Polres Majene Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Marano 2024

Majene - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akan segera bergulir. Sebagai bagian dari persiapan menghadapi momen penting ini, Kepolisian Resor (Polres) Majene melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka "Operasi Mantap Praja 2024."
Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personil dan sarana prasarana dalam menghadapi seluruh tahapan Pilkada di Sulawesi Barat.
Kegiatan yang berlangsung di Mapolres Majene pada Senin (26/8/24) ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Bupati Majene H. A. Ahmad Syukri Tammalele, perwakilan Dandim 1401 Majene Letda A. Baso E, perwakilan Kajari Majene, Danki A/721 Mks, Kepala Dishub Majene, Kepala Kesbangpol Majene, Kepala Lapas Kelas II B Majene, anggota KPU Majene serta tamu undangan lainnya.
Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Majene, AKBP Toni Sugadri, yang dalam sambutannya membacakan pesan dari Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat, Irjen Pol. Drs. R. Adang Ginanjar S., M.M.
Dalam sambutannya, Kapolres Majene menyatakan bahwa Pemilukada merupakan momen penting dalam demokrasi daerah, di mana masyarakat akan menentukan pemimpin mereka untuk lima tahun ke depan.
"Pilkada memiliki permasalahan yang kompleks karena merupakan arena legal dan sah untuk meraih kekuasaan yang dilindungi oleh undang-undang. Oleh karena itu, Polda Sulbar berkomitmen untuk memberikan pengamanan optimal hingga ke tingkat kewilayahan terkecil melalui Operasi Mantap Praja 2024," ungkap Kapolres Majene.
Operasi Mantap Praja 2024, yang berlangsung selama 127 hari mulai 27 Agustus hingga 31 Desember 2024, melibatkan 1.216 personel Polri di seluruh Provinsi Sulawesi Barat. Operasi ini bertujuan untuk meminimalisir potensi konflik berlatar belakang primordialisme, termasuk isu SARA, menjelang, selama, dan setelah Pilkada 2024.
Apel gelar pasukan ini menjadi langkah penting untuk memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana dalam mendukung terselenggaranya Pemilukada 2024 dengan aman, damai, dan kondusif.
Pemilukada 2024 akan menjadi ujian besar bagi kematangan demokrasi di Sulawesi Barat, serta menjadi penentu masa depan provinsi ini. Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa “Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita”.
Dengan dukungan dari TNI, Kementerian/Lembaga, instansi terkait, dan mitra Kamtibmas lainnya, Polri berkomitmen untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilukada 2024 di Sulawesi Barat melalui Operasi Mantap Praja 2024. Diharapkan, Pilkada di provinsi ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar, serta menjadi bukti kematangan demokrasi di Sulawesi Barat.
Kegiatan apel gelar pasukan ini sekaligus dirangkaikan dengan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) yang diperagakan oleh ratusan Personel Polres Majene dimana Simulasi Sispamkota menggambarkan persiapan dan kesiapan personel Polres Majene dalam melaksanakan pengamanan setiap tahapan pelaksanaan Pilkada 2024.